Langsung aja ya sahabat, mimin kenalkan beberapa jenis dan karakteristik kain yang biasa digunakan untuk bahan baju koko :

  • Poliester / Tetoron

Dibuat dari serat buatan semacam plastik, panas saat digunakan (tidak menyerap keringat), harga relatif murah.

  • Rayon

Dibuat dari serat alam, sangat adem atau dingin saat digunakan, mudah kusut, harga diatas poliester.

  • Katun

Ada beberapa jenis kain katun yang biasa digunakan untuk bahan baju koko :

KATUN BIASA

Daya serap keringat lumayan, harga relatif murah dibandingkan jenis kain katun lainnya.

KATUN PARIS

Hampir sama dengan katun biasa, agak tipis, mempunyai daya serap keringat lumayan bagus. harga relatif sama dengan katun biasa.

KATUN MINYAK

Relatif sama dengan kain katun lainnya, Cuma permukaanny terkesan berminyak ada kilapnya. Daya serap keringatnya lumayan bagus. harga relatif sama dengan katun biasa. Efek kilap biasanya berkurang setelah beberapa kali pencucian.

KATUN  KALISTA

Hampir sama dengan katun paris, Cuma katun kalista ini lebih tebal, daya serap keringat bagus. harga diatas katun paris.

KATUN VERSUS

Lebih tebal dari katun kalista, tenunan benang agak longgar, daya serap keringat bagus, sulit mendapatkan warna cerah. Harga relatif sama dengan katun kalista.

KATUN 3D

Ditenun dari dua benang yang berbeda warna sehingga pada kain muncul efek riak seperti efek 3D. Harga relatif sama dengan katun biasa.

KATUN JAGUARD

Mirip dengan kain 3D, Cuma saat proses tenun, dibuat corak atau motif pada kain yang akan dibuat, sehingga selain efek riak,  terbentuk corak atau motif pada kain dari tenunnannya. Harga lebih mahal dari harga kain 3D.

Baik, itulah ulasan beberapa jenis kain yang biasa digunakan untuk bahan baju koko, sesuai dengan yang mimin temukan dipasaran. Apabila sahabat ada yang mau menambahkan, mangga dipersilahkan..:D

Terima kasih.

Leave a comment